10 Tips untuk Meningkatkan Daya Pikir Anda


1. Sesekali, lawan kegiatan rutin Anda
Cobalah menyikat gigi dengan tangan kiri Anda (jika Anda bukan seorang kidal), joging mundur, dan mengejar hal lain yang memaksa Anda untuk menyimpang dari pola harian Anda. "Dengan demikian, Anda akan merangsang bagian baru dari otak Anda, mendorong untuk membuat koneksi baru," kata Dr Amen, konsultan kesehatan majalah dan situs internasional Men's Health.

2. Sirami pikiran Anda

Otak Anda adalah 80 persen air, dan jika tidak terhidrasi, neuron Anda tidak dapat melakukan dengan baik. Minum delapan gelas enam-ons air sehari dan menghindari alkohol yang berlebihan dan kafein.

3. Istirahatkan mata tujuh jam sehari
"Science menunjukkan bahwa orang yang tidur selama tujuh jam menunjukkan aktivitas otak secara signifikan lebih banyak daripada mereka yang tidak," kata Dr Amen. Kurang tidur menghambat belajar, konsentrasi, dan memori.

4. Buat "mendengkur" otak Anda

Tarik napas perlahan, sehingga perut Anda (bukan dada) naik, dan kemudian ucapkan satu kata yang Anda menghembuskan napas. Ulangi selama 10 menit.Cara ini diyakini membuat otak lebih tenang.


5. Batasi waktu menonton TV

Pria yang menonton TV selama lebih dari dua jam sehari memiliki risiko lebih tinggi terkena Alzheimer dibanding mereka yang menonton sedikit.


6. Menarilah

"Beberapa kegiatan merangsang berbagai sistem otak, tapi tak sehebat menari," kata Dr Amen. Menari membutuhkan segala sesuatu dari koordinasi dan organisasi otak untuk perencanaan dan penilaian.


7. Membaca

"Membaca adalah baik untuk otak Anda hanya jika melibatkan aktivitas menyimpan dan mengambil informasi," kata Dr Amen. Itu sebabnya kelompok membaca sangat bermanfaat. "Dan aspek sosial dari kelompok buku menambah satu lagi dinamis fungsi kognitif."


8. Lawan rasa sakit dengan cara cerdas

Pria yang mengambil obat penghilang rasa sakit berbahan dasar ibuprofen adalah 44 persen lebih rendah untuk mengembangkan Alzheimer daripada mereka yang tidak, menurut sebuah studi baru-baru ini. Juga berhati-hatilah dengan acetaminophen, kata Dr Amen. "Ini mengganggu fungsi hati, mengurangi produksi tubuh dari antioksidan glutathione, yang penting untuk fungsi otak."


9. Bunuh pikiran negatif

"Pikiran negatif bertanggung jawab untuk kegelisahan," kata Dr Amen. Mereka juga meningkatkan produksi hormon stres, yang membunuh sel-sel otak. Setiap kali pikiran negatif memasuki pikiran Anda, tuliskanlah dan menyusun rencana untuk memperbaikinya.


10. Bercintalah

Pria yang bercinta setidaknya dua kali seminggu adalah 50 persen lebih rendah untuk mengalami serangan jantung daripada mereka yang berhubungan seks lebih jarang, kata para ilmuwan. Hal ini penting karena semakin banyak bukti mendukung fakta sederhana: Apa yang baik untuk jantung, baik pula untuk otak. "Seks juga melepaskan zat kimia 'merasa-baik' yang melawan stres," kata Dr Amen.

Sumber:
http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips-sehat/10/10/01/137593-ini-lo-pak-10-tips-untuk-meningkatkan-daya-pikir-anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar